5 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Menggunakan Wick System

Menanam cabai dengan cara hidroponik merupakan cara alternatif mengatasi kesulitan menanam pada media tanah karena keterbatasan lahan pertanian yang dimiliki. Dengan cara hidroponik ini semua bisa bercocok tanam di lahan yang sempit atau halaman rumah. Ada beberapa cara menanam hidroponik, namun di sini akan dijelaskan cara menanam cabai hidroponik dengan sistem sumbu (Wick System).

Wick System ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai tanaman hidroponik. Wick System adalah metode hidroponik dimana larutan nutrisi dari bak penampungan diserap tanaman melalui sumbu tanpa adanya aliran air. Lalu bagaimana caranya? Nah berikut ini adalah cara menanam cabai hidroponik dengan wick system atau sistem sumbu.

1. Siapkan Bibit Cabe


Untuk menanam cabe tentunya kita harus mempunyai bibit cabe, nah untuk mendapatkan bibit cabe yang berkualitas bagus bisa dilihat pada saat perendaman cabe dengan air hangat. Bahwa bibit cabe yang bagus itu tenggelam sedangkan yang mengapung jangan kita pakai. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada cara menanam cabe sebelumnya yang sudah saya tulis.

2. Siapkan Wadah Ember / Pot


Menanam cabai hidroponik dengan sistem sumbu memerlukan dua wadah atau pot yang pertama untuk larutan nutrisi bisa menggunakan ember atau kaleng bekas cat. Sedangkan wadah atau pot yang kedua berisi bibit tanaman cabe, media tanam dan sumbu untuk ditaruh diatas wadah pot pertama tadi. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada skema berikut.
hidroponik
Skema hidroponik wick system (sistem sumbu)


3. Siapkan Media Tanam


Media tanam untuk cabai hidroponik bisa menggunakan cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 1:1, setelah itu aduk secara merata dan masukan ke wadah atau pot yang sudah disiapkan tadi (pot kedua). Setelah siap baru bibit cabai yang sudah disemaikan bisa ditanam atau dimasukkan ke media tanam.

4. Siapkan Larutan Nutrisi


Setiap tanaman pasti membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi, nah pada tanaman hidroponik ini pupuk yang digunakan adalah larutan jadi kita menyebutnya larutan nutrisi. Pada tanaman cabe hidroponik, larutan nutrisi yang digunakan adalah nutrisi AB Mix yang terdiri dari formula A dan formula B, kedua nutrisi tersebut digunakan bersama-sama sehingga disebut AB Mix. Perlu diketahui juga bahwa nutrisi yang beredar di pasaran diproduksi secara spesifik untuk jenis tanaman tertentu, sehingga harus diperhatikan jenis nutrisi yang akan dibeli.

5. Pemberian Larutan Nutrisi Cabe Hidroponik


Menurut beberapa sumber untuk awal pemberian nutrisi AB Mix gunakan sekitar 600-700 ppm dan larutkan di dalam ember berisi air 1 liter(pot pertama). Setelah jadi masukan wadah atau pot kedua yang berisi tanaman cabe ke atas pot pertama dan pastikan akar cabe menyentuh larutan nutrisi. Setelah kurang lebih setiap 10 hari baru bisa dinaikan kadar ppm nutrisi AB Mix sedikit demi sedikit hingga mencapai kadar maksimal yaitu sekitar 1260 hingga 1540 ppm.

1 comment:

  1. Jadi pengen nanam cabe ahhh kebetulan nih harga cabe rada mahal mau menanam yang banyak
    http://www.cari-barang.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.