Ini Dia 10 Daftar Tanaman Hias yang Berbunga

Tanaman hias bunga merupakan segala jenis tumbuhan berbunga yang sengaja ditanam orang, baik itu di luar maupun di dalam ruangan dengan tujuan untuk memperindah atau mempercantik sebuah tempat supaya nyaman untuk di lihat maupun di tempati. Bagi Anda yang tertarik ingin menanam tanaman hias bunga di sekitar area lingkungan Anda berada, berikut ini ada puluhan daftar tanaman hias jenis bunga yang mungkin bisa Anda miliki yakni sebagai berikut.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Dalam Rumah Agar Ruangan Menjadi Indah

Tanaman Hias Bunga

1. Tanaman Hias Bunga Anggrek


Bunga Anggrek
Bunga Anggrek
Bunga Anggrek adalah tanaman hias jenis bunga yang paling terkenal. Tanaman ini mempunyai banyak jenis dengan warna yang beraneka ragam. Kebanyakan anggrek hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Adapun jenis tanaman Anggrek diantaranya adalah Phalaenospis, Dendrobium, Paphiodelium, Vanda dan masih banyak lagi. Tanaman Anggrek ini bisa dijadikan sebagai penghias dalam rumah maupun luar ruangan.

Baca Juga: 13 Jenis Tanaman Hias Yang Mungkin Anda Suka

2. Tanaman Bunga Air Mata Pengantin


Bunga Air Mata Pengantin
Bunga Air Mata Pengantin
Air Mata Pengantin merupakan tanaman hias bunga merambat yang biasa ditanam di luar ruangan seperti pagar atau pot yang dipasangi rambatan. Air Mata Pengantin ini salah satu tanaman hias yang disukai, karena selain mudah dipelihara tanaman ini memiliki bunga indah, semarak dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini adalah keluarga Polygonaceae, secara umum dikenal dengan nama coral vine atau mexican creeper.

3. Tanaman Bunga Begonia


Bunga Begonia
Bunga Begonia
Begonia adalah tanaman hias bunga yang cocok ditempatkan dalam ruangan atau rumah, seperti di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Penyebabnya adalah karena habitat asli tanaman ini berada di hutan-hutan daerah pegunungan yang suhu udaranya tidak terlalu panas.

4. Tanaman Bunga Buogenville


Bunga Bougenville
Bunga Bougenville
Tanaman hias bunga Bougenvile merupakan salah satu yang cukup digemari, biasanya tanaman ini dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah atau taman. Bentuk tanaman ini berupa pohon kecil yang tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. (Wiki).

5. Bunga Mawar


Bunga Mawar
Bunga Mawar
Bunga Mawar ini adalah tanaman yang paling dikenal, hampir semua orang mengetahui bunga mawar. Mawar merupakan tanaman semak yang memiliki batang berduri serta warna bunga yang bervariasi, umumnya mawar selalu digambarkan dengan warna merah padahal ada juga warna pink, kuning hingga oranye. Mawar biasanya digunakan sebagai penghias di pekarangan atau teras rumah.

6. Kana atau Bunga Tasbih


Kana atau bunga tasbih
Kana atau bunga tasbih
Kana atau Bunga Tasbih merupakan tanaman yang biasanya dijadikan sebagai penghias taman atau pekarangan rumah, karena memiliki warna bunga yang beragam. Tinggi tanaman kana berkisar dua meter, bunganya berwarna cerah dan tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan. Untuk memperbanyak tanaman kana ini menggunakan umbi atau anakan.

7. Bunga Tapak Dara


Tanaman bunga tapak dara
Tanaman bunga tapak dara
Tapak Dara dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 800 mdpl, menyukai tempat yang terbuka namun juga dapat tumbuh pada tempat yang ternaungi. Tanaman ini memiliki banyak cabang, dengan tinggi berkisar antara 0,2 – 1 m. Selain sebagai tanaman hias, ternyata tapak dara juga berkhasiat sebagai obat untuk mengobati diabetes, hipertensi dan kurang darah.

8. Bunga Krisan


Bunga Krisan
Bunga Krisan
Krisan merupakan tanaman hias yang sering digunakan untuk hiasan meja, pelaminan, dekorasi ruangan serta lain sebagainya. Hal ini dikarenakan bunga krisan sangat kaya warna dan tahan lama. Krisan dikenal juga dengan sebutan bunga aster atau seruni, spesiesnya di dunia ada sekitar 1000 lebih. Tanaman Krisan berbatang tegak, berstruktur lunak dan berwarna hijau. Bila dibiarkan tumbuh terus batangnya akan berwarna kecokelatan.

9. Peace Lily


Bunga Peace Lily
Bunga Peace Lily
Peace Lily atau Spathiphyllum adalah tanaman berdaun lebat, ditengahnya muncul bunga berwarna putih berbentuk sendok dengan tangkai yang panjang. Tanaman hias ini tumbuh baik di tempat yang teduh atau di bawah cahaya matahari tidak langsung, sehingga cocok sekali untuk menghiasi ruangan di rumah Anda.

10. Bunga Amarilis

Tanaman Bunga Amarilis
Tanaman Bunga Amarilis

Bunga Amarilis ini nama Latinnya adalah Hippeastrum, nama familinya Amaryllidaceae. Bunga ini memiliki bentuk mahkota bunga yang mirip terompet. Amarylis bukanlah bunga asli Indonesia. Menurut berbagai sumber, asal bunga ini adalah dari Afrika Selatan. Warna bunga Amarilis ini sangat bervariasi yaitu warna merah, putih, merah muda dan orange.

No comments

Powered by Blogger.