5 Step Penting Cara Menanam Bunga Mawar

Mawar merupakan salah satu tanaman hias yang paling dikenal dan disukai banyak orang, baik itu sebagai penghias taman maupun ruangan. Alasannya adalah karena bunga yang cantik dan warnanya yang semarak. Maka dari itu tak heran, jika masih banyak orang berminat menanam bunga mawar untuk hobi atau dijual.

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Mawar memiliki daya adaptasi yang sangat baik terhadap lingkungan, tanaman ini dapat ditanam di daerah beriklim dingin, subtropis maupun di daerah tropis tergantung varietasnya. Ada jenis tertentu yang cocok ditanam di dataran rendah, ada juga yang cocok untuk dataran tinggi, namun kebanyakan mawar tumbuh di dataran tinggi.

Dengan cara menanam bunga mawar yang tepat, pertumbuhan serta perkembangan bunga mawar akan berjalan secara optimal sehingga menghasilkan bunga mawar yang indah dan berkualitas. Ada beberapa cara menanam bunga mawar supaya tumbuh baik diantaranya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar

1. Pilih Jenis Mawar Yang Tepat


Kebanyakan bunga mawar berasal dari daerah dataran tinggi, namun ada juga jenis tertentu yang bisa ditanam di dataran rendah. Jadi sebelum membeli bibit mawar untuk ditanam, alangkah baiknya memilih jenis yang tepat sesuai dengan daerah dimana Anda ingin menanam mawar tersebut.

Khusus untuk yang ingin menanam mawar di dataran rendah ada beberapa jenis mawar yang dianjurkan bisa ditanam di dataran rendah yaitu Cemelot, Frad Winds, Mr. Lincoln, dan Golden Lustee untuk bunga potong. Sedangkan varietas Folk Song, Khatherina Zeimet, Woborn Abbey dan Cimacan Salem untuk tanaman taman.

2. Persiapkan Media Tanam Untuk Mawar


Mawar dapat ditanam di pot ataupun di tanah langsung. Media tanam yang cocok digunakan untuk menanam mawar adalah tanah liat berpasir dengan kandungan liat 20-30%. Selain itu media tanam mawar juga harus mengandung bahan organik, subur, gembur, memiliki aerasi dan drainase yang baik serta tingkat keasaman (pH) 5,5-7. (Cara mengetahui pH tanah).

3. Pilih Pot Yang Tepat


Pot untuk menanam bunga mawar sebaiknya terbuat dari tanah liat dan sesuaikan dengan ukuran tanaman. Selain itu bagian bawah pot harus berlubang untuk membuang kelebihan air.

4. Beri Pupuk Yang Sesuai


Pemupukan mawar pada masa pertumbuhan menggunakan pupuk yang mempunyai kandungan NPK seimbang dengan dosis 1/2 sendok teh selama satu bulan sekali. Pada saat tanaman berbunga, pemupukan mawar menggunakan pupuk yang mengandung P dan K tinggi seperti Gaviota 76 atau Gandasil B. Dosisnya 1-3 gram dilarutkan dalam 1 liter air lalu siramkan seminggu sekali.

5. Siram Tanaman Mawar Secara Teratur


Penyiraman tanaman mawar sebaiknya dilakukan 1-2 hari sekali pada pagi dan sore hari. Gunakan air bersih dan tidak tercemar serta pastikan pancuran air tidak terlalu keras supaya tidak merusak tanaman maupun media tanam.

Syarat Tumbuh Mawar


Di Indonesia mawar dapat tumbuh dan berbunga di dataran rendah sampai dataran tinggi (1.500 mdpl). Suhu udara yang dibutuhkan mawar adalah 18-26 derajat celcius, kelembapan 70-80%, dan curah hujan 1500-3000 mm/tahun. Tanaman mawar membutuhkan penyinaran matahari 5-6 jam per hari. Apabila kebutuhan sinar tersebut mencukupi, mawar akan tumbuh baik dan rajin berbunga.

Baca Juga: Cara Perbanyak Mawar Dengan Stek

No comments

Powered by Blogger.