10 Tanaman Hias Dalam Rumah Agar Ruangan Menjadi Indah

Secara umum tanaman hias mampu membuat sebuah tempat menjadi terlihat asri dan tentu saja indah dipandang mata. Namun tidak semua tanaman cocok untuk ditempatkan di area tertentu seperti di dalam rumah, hotel atau perkantoran. Untuk itu TanamanMagz sudah membuat daftar beberapa tanaman yang cocok untuk di tempatkan di dalam ruangan diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 10 Tanamah Hias Berbunga

10 Macam Tanaman Hias Untuk di Tempatkan Dalam Ruangan

1. Spathiphyllum (Peace Lily)

tanaman hias peace lily
Peace Lily dalam ruangan rumah

Spathiphyllum adalah tanaman berdaun lebat, ditengahnya muncul bunga berwarna putih berbentuk sendok dengan tangkai yang panjang. Tanaman hias ini dikenal juga dengan nama Peace Lily atau dalam Bahasa Indonesia Lily Perdamaian. Spathiphyllum tumbuh baik di tempat yang teduh atau di bawah cahaya matahari tidak langsung, sehingga cocok sekali untuk menghiasi ruangan rumah Anda.

Baca Juga:  13 Jenis Tanaman Hias Yang Mungkin Anda Suka

2. Violces

tanaman hias violces
Violces dalam ruangan

Violces termasuk tanaman hias dalam ruangan, tanaman ini dikenal juga dengan nama African violet. Tanaman ini daunnya kecil dan halus, tumbuh dalam bentuk roset. Bunganya kecil dan cantik beraneka warna, ada ungu, putih, violet, biru dan pink. Biasanya tanaman ini menjadi penghias meja. Violces akan rajin berbunga bila mendapat sinar matahari yang cukup namun harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika terkena sinar matahari langsung daunnya akan terbakar.

3. Geranium

Tanaman Hias Geranium Pelargonium dalam ruangan
Tanaman Hias Geranium Pelargonium dalam ruangan

Geranium merupakan tanaman hias yang ditanam dalam pot dan diletakkan di halaman atau di dalam rumah. Tanaman ini memiliki aroma mirip seperti mawar dengan bunga-bunga kecil berwarna pink. Selain sebagai penghias ruangan, Geranium ternyata juga bermanfaat. Aroma harum yang dikeluarkan oleh tanaman ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk, maka dari itu orang zaman dulu sering menggunakan tanaman geranium ini sebagai pengusir nyamuk.

4. Begonia

tanaman hias begonia
tanaman hias begonia

Begonia merupakan tanaman hias yang namanya diambil dari seorang Gubernur di daerah Santo Domingo Brazil yaitu Michel Begon. Tanaman ini adalah genus dalam keluarga tanaman berbunga Begoniaceae. Di Indonesia sendiri cukup banyak terdapat jenis Begonia, diantaranya hidup di hutan-hutan daerah pegunungan. Lalu bagaimana dengan daerah yang panas? Jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan menaruhnya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Areca Palm

Tanaman Hias Areca palm
Tanaman Hias Areca palm dalam ruangan

Selain digunakan sebagai penghias taman, ternyata Palem juga bisa menjadi penghias dalam ruangan. Salah satunya adalah jenis Areca Palm atau Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens). Tanaman hias ini tumbuhnya merumpun. Tingginya hanya 50-150 cm sehingga cocok ditanam di rumah. Tetapi jika Anda ingin menanam tanaman ini di dalam rumah, Anda harus mengeluarkannya tiga hari sekali agar mendapat sinar matahari yang cukup.

6. Dendrobium

Tanaman Hias Dendrobium
Tanaman Hias Dendrobium

Dendrobium adalah salah satu jenis Anggrek epifit yang memiliki seribu lebih spesies. Anggrek ini hidup di daerah panas dengan ketinggian 0-650 meter di atas permukaan laut. Sehingga memungkinkan untuk ditanam di daerah seperti Jakarta. Anggrek Dendrobium ini bisa digunakan untuk penghias taman ataupun di dalam ruang. Namun untuk penghias dalam ruangan tentunya kita harus memilih wadah yang tepat serta sudut penempatannya.

7. Philodendron

tanaman hias philodendron
Tanaman Hias Philodendron dalam ruangan

Philodendron merupakan tanaman hias daun yang cukup banyak dipilih sebagai penghias ruangan, karena memiliki daya tahan cukup tinggi terutama pada ruangan berpendingin AC dan berpencahayaan rendah. Meskipun demikian, tentunya perawatan harus tetap dilakukan pada Philodendron, karena AC akan membuat tanaman mudah kering. Salah satunya adalah dengan menjaga kelembabannya yakni dengan penyiraman dan media tanam yang cukup mengikat air.

8. Sansevieria

tanaman hias Sansevieria atau lidah mertua
Sansevieria atau lidah mertua dalam ruangan

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan tanaman Lidah Mertua merupakan tanaman hias dengan bentuk daun yang tajam. Tanaman ini banyak ditemukan di Afrika Timur, Arab, India bagian timur dan Pakistan. Di habitat asalnya, Lidah Mertua hidup di daerah yang kering dan panas. Oleh karenanya tanaman ini sangat bisa sekali untuk ditempatkan di dalam rumah. Selain bisa memperindah ruangan, lidah mertua ternyata juga bermanfaat untuk lingkungan, tanaman ini mampu menyerap 107 polutan atau racun di udara. Jika ditempatkan di dalam rumah, tentunya bisa meminimalisir udara kotor dalam rumah Anda.

9. Hedera Helix

Tanaman Hias English Ivy atau Hedera Helix
Tanaman Hias English Ivy atau Hedera Helix

Hedera Helix atau yang dikenal juga dengan nama English Ivy merupakan tanaman hias yang berasal dari Eropa. Tanaman ini tumbuh merambat dengan bentuk daun segi tiga atau lebih tepatnya seperti daun maple. Karena tumbuh merambat, tanaman english ivy ini bisa digunakan sebagai tanaman hias gantung di dalam rumah, namun bisa juga digunakan sebagai penghias tembok rumah.

10. Anthurium

Tanaman Hias Anthurium Dalam Ruangan
Tanaman Hias Anthurium Dalam Ruangan

Anthurium tergolong tanaman hias dalam ruangan, karena secara alami Anthurium hidup di bawah pepohonan yang teduh atau di antara semak-semak yang rimbun, sehingga tanaman ini hanya menerima sedikit sinar matahari kecuali spesies A. scherzerianum. Secara umum Anthurium terbagi menjadi dua kelompok yaitu Anrhurium yang berdaun indah dan Anrhurium yang berbunga indah.

Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tanaman Hias di dalam rumah harus tetap dilakukan perawatan agar tanaman tersebut tidak rusak. Seperti mengeluarkan beberapa hari sekali agar tanaman mendapat sinar matahari yang cukup, serta menjaga kelembaban dengan menyiramnya. Selain itu kecocokan tanaman hias dengan interior ruangan yang Anda miliki juga wajib diperhitungkan, agar ruangan tampil lebih cantik.

No comments

Powered by Blogger.