7 Cara Menanam Tomat di Pot Rumah Secara Sederhana

Menanam tomat tidak sulit, bisa dilakukan dimanapun oleh siapa saja. Misalnya menanam tomat di rumah menggunakan pot, Ibu rumah tangga yang hobi berkebun bisa menyalurkan hobinya tanpa perlu lahan yang luas.

Seperti tanaman lainnya, menanam tomat diperlukan ketekunan mulai dari menyiapkan media tanam, benih, penyiraman, hingga perawatan rutin agar tanaman tomat rajin berbuah. Berikut cara menanam tomat di pot.

1. Siapkan Perlengkapan Menanam


Seperti menanam tanaman lainnya, perlengkapan untuk menanam tomat di pot antara lain: pot, tanah, arang sekam dan pupuk kompos.

2. Pilih Benih Tomat Yang Bagus


Untuk mendapatkan tomat yang bagus, diperlukan juga benih unggulan yang bisa dibeli dari toko pertanian atau dihasilkan sendiri dari buah tomat yang sehat. Namun Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis tomat yang ingin ditanam.

3. Penyemaian Benih Tomat


Setelah mendapatkan benih tomat unggulan, semaikan benih tersebut pada media semai dan siram secara teratur supaya tetap dalam kondisi lembab. Sampai bibit tanaman tomat berusia 30 hari atau setidaknya memiliki lebih dari 4 helai daun barulah bibit tomat tadi siap dipindahkan ke pot.

4. Penanaman Tomat ke Pot


Cabutlah bibit tomat unggul yang sudah disiapkan tadi secara perlahan agar akarnya tidak putus, lalu pindahkan bibit ke pot yang sudah diberi media tanam serupa pada saat penyemaian.

5. Pasang Penyangga


Menanam tomat di pot juga memerlukan penyangga supaya tanaman tumbuh tegak dan tidak roboh akibat angin atau buahnya yang lebat.

6. Perawatan Tanaman


Perawatan secara teratur sangat penting untuk menjaga pertumbuhan tanaman tomat tersebut. Setidaknya lakukan penyiraman 1-2 hari sekali supaya kebutuhan air terpenuhi, sedangkan untuk pemupukan pada tanaman tomat dilakukan seminggu sekali. Upayakan untuk rutin memangkas tunas baru yang tumbuh, serta pencabutan pada tanaman yang terkena penyakit supaya tidak menyebar.

7. Panen Tomat


Masa panen tomat bervariasi tergantung jenis tomat yang ditanam, namun dalam waktu kurang dari 100 hari Anda sudah bisa memanen tomat yang ditanam sendiri di pot rumah Anda.

Demikian tujuh cara menanam tomat di pot rumah dari biji. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tambahkan Komentar Sembunyikan