10 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Yang Mudah Di Tanam

Selain ditanam di kebun yang luas ternyata tanaman buah juga dapat ditanam dalam pot atau yang dikenal juga dengan sebutan Tabulampot. Sebenarnya tanaman buah dalam pot ini bukan hal baru lagi, di setiap komplek perumahan terutama perkotaan bisa kita jumpai macam-macam tanaman buah dalam pot.

Tanaman buah dalam pot merupakan solusi bertanam buah pada luas lahan yang terbatas. Jadi untuk Anda yang mau menanam tanaman buah di rumahnya namun luas lahan Anda terbatas tidak perlu khawatir karena ada Tabulampot. Lalu apa saja tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot? Kami telah menyiapkan daftarnya untuk Anda sebagai berikut.

1. Tanaman Buah Anggur

Anggur dalam pot
Anggur dalam pot

Siapa sangka tanaman buah anggur ternyata tidak hanya bisa ditanam di kebun yang luas tapi juga bisa ditanam dalam pot. Namun karena anggur tumbuh merambat, cabang anggur mudah diatur sesuai keinginan sehingga dengan diatur sedemikian rupa tanaman anggur bisa menarik untuk dilihat.

2. Tanaman Buah Belimbing


belimbing dalam pot
Belimbing dalam pot
Tanaman Buah Belimbing yang memiliki bentuk buah seperti bintang juga bisa ditanam di dalam pot. Tanaman ini termasuk yang relatif cepat pertumbuhannya serta tidak mengenal musim. Beberapa varietas belimbing yang banyak dijadikan tanaman dalam pot yaitu Dewa, Tasik Madu, Sembiring, Kapur, Kunir dan Filipina.

3. Tanaman Buah Delima


delima dalam pot
delima dalam pot
Buah Delima mempunyai rasa yang manis dan segar hingga agak kelat. Buahnya banyak dimanfaatkan untuk acara rujakan tujuh bulanan. Tanaman Buah Delima ini juga dapat ditanam dalam pot dan tergolong mudah berbuah sepanjang waktu apabila kondisi lingkungannya sesuai. Tanaman delima memiliki cabang yang banyak, rimbun dan berdaun kecil. Buahnya bulat bergelantungan di tandan.

4. Tanaman Buah Jambu Air


Jambu Air di Pot
Jambu Air di Pot
Tanaman Buah Jambu Air termasuk yang mudah berbuah, karena mempunyai daya adaptasi cukup tinggi. Sehingga dapat berbuah di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 mdpl. Tanaman ini selain bisa ditanam di lahan juga bisa ditanam dalam pot. Penampilan dan buahnya yang tumbuh lebat berwarna merah cukup menarik bagi penggemarnya.

5. Tanaman Buah Jambu Biji


Jambu Biji di Pot
Jambu Biji di Pot
Jambu biji merupakan salah satu tanaman buah yang sangat mudah dijadikan tanaman buah dalam pot. Pasalnya, tanaman ini relatif mudah dipelihara dan mampu berbuah sepanjang tahun. Meskipun begitu tanaman dalam pot pertumbuhannya akan terbatas karena keterbatasan nutrisi. Oleh karena itu perawatan harus tetap dilakukan supaya tanaman dalam pot rajin berbuah.

6. Tanaman Buah Jeruk


Jeruk di Pot
Jeruk di Pot
Tanaman Jeruk salah satu yang cukup banyak di Tabulampotkan, karena bisa berbuah tanpa mengenal musim. Jeruk sendiri ada banyak variasi dan jenisnya dari yang kecil seperti nagami, limau, lemon cui, keprok, sunkist, frimong, sampai yang besar seperti jeruk bali dan nambangan. Tanaman buah jeruk banyak ditabulampotkan karena sosoknya menarik dan tak jarang dijadikan penghias rumah.

7. Tanaman Buah Mangga


Mangga di Pot
Mangga di Pot
Mangga termasuk tanaman yang mudah untuk di tanam di dalam pot hampir semua jenis mangga bisa di tanam secara tabulampot. Kelebihan lain dari tabulampot mangga adalah dapat berbuah lebat meskipun asupan unsru hara terbatas. Selain itu dapat dipindah juga tidak memerlukan area yang luas. Mangga yang ditanam di dalam tabulampot biasanya lebih pendek dibandingkan ditanam di area yang luas.

8. Tanaman Buah Rambutan


Tanaman Buah Rambutan
Tanaman Buah Rambutan
Buat Anda yang baru awal menanam rambutan dalam pot, cobalah rambutan varietas binjai. Karena rambutan varietas ini lebih cepat berbuah dibandingkan varietas lain. Apalagi jika bibit berasal dari perbanyakan okulasi, kemungkinan tanaman buah rambutan sudah bisa berbuah kurang dari setahun.

9. Tanaman Buah Lengkeng


Tanaman Buah Lengkeng di Pot
Tanaman Buah Lengkeng di Pot
Tanaman buah lengkeng termasuk tanaman dataran tinggi sehingga dahulu jarang di buat tabulampot. Selain itu, lengkeng baru mulai berbuah ketika umur 10 tahun ketika ukurannya sangat besar sehingga kurang menarik. Namun seiring waktu mulai ditemukan lengkeng varietas unggul yang bisa ditanam di dataran rendah dan cepat berbuah. Beberapa varietas tersebut antara lain Pingpong, Phuangray dan Diamond River.

10. Tanaman Buah Srikaya


Srikaya di POt
Srikaya di POt
Tanaman buah srikaya cukup bisa ditanam dalam pot, karena tanaman srikaya termasuk tanaman yang rajin berbuah sehingga tampilan di pot akan semakin menarik dengan banyaknya buah yang bergelantungan. Selain itu buahnya yang manis juga bisa langsung dinikmati oleh si pemilik.

No comments

Powered by Blogger.