Cara Menanam Cabe Di Rumah Dengan Pot Dari Biji

Menanam cabe tidak hanya pada kebun yang luas, tetapi pada lahan sempit seperti di pekarangan rumah dengan wadah seperti pot atau polybag juga masih bisa dilakukan.

Keuntungan menanam cabe di dalam pot adalah kita dapat meletakannya dimana saja, selain itu mudah, murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga.

Nah, untuk Anda yang mau menanam cabe di rumah dengan pot, berikut ini adalah caranya.

cabe merah
Tanaman Cabe Merah


1. Siapkan Wadah Pot


Pot untuk bertanam cabai dapat bermacam-macam, bisa berupa polybag, pot plastik, kaleng bekas, drum atau ember, yang penting wadah tersebut bisa diberi lubang/berlubang pada bagian bawahnya supaya air tidak menggenang yang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu.

2. Siapkan Media Tanam Cabe


Media untuk menanam cabe di pot atau polybag cirinya sama dengan di kebun yaitu harus gembur, subur dan bebas dari hama penyakit. Media tanam tersebut bisa berupa campuran tanah lapisan topsoil, pasir, sekam dan kompos (pupuk kandang). Aduk bahan-bahan tadi sampai tercampur rata, kemudian masukan ke pot atau polybag yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

3. Menyiapkan Bibit Cabe


Perbanyakan tanaman cabe bisa kita lakukan melalui biji dan untuk mendapatkan biji/bibit cabe berkualitas itu tentu kita harus mendapatkannya dari buah cabe dengan bentuk sempurna, sehat dan bebas dari penyakit.

Setelah didapat, sekarang kita belah buah cabai tersebut secara memanjang lalu keluarkan bijinya dan dijemur, setelah kering biji tersebut siap di semai. Apabila biji sudah lama disimpan sebaiknya sebelum disemaikan direndam dulu beberapa saat di air hangat dari situ kita akan melihat mana biji cabai yang bisa ditanam.

Apabila saat perendaman tersebut biji cabai tenggelam, maka biji tersebut bisa menjadi bibit, sedangkan biji yang mengapung jangan digunakan untuk bibit karena sudah rusak. Untuk benih yang tenggelam bungkus dengan kain basah dan biarkan sehari semalam/sampai berkecambah, setelah itu benih baru ditanam di pot atau polybag.

4. Perawatan/Pemeliharaan


1. Setelah ditanam di pot atau polybag, jaga selalu kelembaban tanah, bila perlu siram pada pagi dan sore hari.
2. Usahakan di sekitar tanaman cabe tidak tumbuh gulma (organisme pengganggu tanaman).
3. Lakukan perempelan daun-daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun di bawah percabangan pertama.
4. Jika terjadi tanda-tanda serangan hama atau penyakit, untuk menanggulanginya, lakukan dengan menyemprotkan pestisida organik.

Baca Juga: 6 Hama Tanaman Cabe dan Cara Pengendaliannya

Secara singkat, cara menanam cabe dimulai dari menyiapkan wadah dan media tanam, lalu memilih bibit cabe yang bagus untuk ditanam dan setelahnya lakukan perawatan cabe yang ditanam tersebut dengan penyiraman, perempelan dan hindarkan dari gulma serta hama penyakit yang mengganggu tamaman cabe.

No comments

Powered by Blogger.