6 Hama Tanaman Cabe dan Cara Pengendaliannya

Sebagaimana tanaman lain, cabe juga sering diserang oleh hama dan penyakit tertentu yang mengakibatkan tanaman menjadi rusak, gagal tumbuh, bahkan mati. Oleh karena itu tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk meminimalisir atau menghindarkan serangan hama terhadap tanaman cabe. Berikut ini adalah beberapa hama yang sering menyerang tanaman cabe, serta cara pengendaliannya.


hama cabe
Tanaman Cabai Terkena Hama

1. Ulat Buah


Hama ulat buah pada umumnya menyerang tanaman cabai saat mulai berbuah. Serangan hama ini bisa diketahui dari adanya lubang-lubang pada buah cabai. Selain menyebabkan buah rusak atau berlubang, serangan hama ulat buah pada cabai dapat membuat tanaman dan buah rentan terhadap penyakit akibat cendawan terutama saat musim hujan.

Pengendalian Hama Ulat Buah Pada Tanaman Cabai:

1. Secara kimiawi, dengan penyemprotan insektisida misalnya Decis 2,5 EC.
2. Membersihkan (sanitasi) buah yang terserang dan penyiangan gulma.
3. Menggunakan musuh alami seperti parasitoid telur Trichogramma nana, Diadegma argentiopilosa dan cendawan Metharrhizium.

2. Thrips


Cabai merupakan salah satu tanaman yang paling banyak diserang oleh thrips. Serangan hama thrips pada tanaman cabai menyebabkan daun bagian bawah berwarna keperak-perakan,lalu daun mengeriting atau keriput dan kemudian mati. Tanaman cabe yang terserang thrips tidak mampu tumbuh dan berproduksi secara optimal karena terganggu kerusakan daun.

Pengendalian Hama Thrips Pada Tanaman Cabai:

1. Menggunakan Mulsa Perak.
2. Sanitasi lingkungan dan pemotongan bagian tanaman yang terserang thrips.
3. Menggunakan perangkap warna kuning (sticky trap)
4. Menggunakan musuh alami seperti kumbang Coccinellidae, kepik Anthocoridae, larva Chrysopidae dan kumbang Staphylinidae.
5. Apabila hama thrips sudah mencapai ambang pengendalian dan cara lain tidak dapat menekan populasi hama, bisa menggunakan insektisida Curacron 50 EC, Agrimex 18 EC, Abuki 50 SL, Demolish 18 EC, Abamectin 21 EC.

3. Lalat Buah


Lalat buah merupakan salah satu hama utama tanaman cabai, seperti halnya tanaman buah dan sayuran lain. Buah cabai yang terserang hama ulat buah akan membusuk lalu jatuh ke tanah. Untuk gejala awal cabai yang terserang hama lalat buah ini bisa dilihat dari adanya titik hitam pada bagian pangkal buah cabe.

Pengendalian Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabai:

1. Melakukan rotasi tanaman
2. Pemusnahan buah yang terserang
3. Pembungkusan buah
4. Menggunakan perangkap metil eugenol (ME) atau petrogenol sebanyak 1 ml/perangkap

4. Kutu Kebul


Kutu Kebul banyak menyerang tanaman cabe di daerah tropis dan subtropis. Serangan hama ini dapat menyebabkan kerusakan langsung pada tanaman karena imago dan nimfa menghisap cairan daun. Selain itu embun madu yang dihasilkan kutu kebul menimbulkan serangan jamur jelaga yang mengakibatkan terganggunya proses fotosintesis pada daun.

Pengendalian Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Cabai:

1. Menerapkan sistem rotasi dengan tanaman bukan inang
2. Pemasangan perangkap warna kuning
3. Sanitasi lingkungan
4. Menggunakan musuh alami seperti Menochilus sexmaculatus
5. Menggunakan insektisida sebagai alternatif terakhir mengendalikan kutu kebul seperti permethrin, amitraz, buprofezin dan asefat.

5. Kutu Daun Persik


Kutu daun menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada tanaman cabe. Hama ini menghisap cairan daun dan bagian tanaman yang masih muda. Serangan berat hama ini biasanya terjadi pada musim kemarau. Daun yang diserang akan mengerut, mengeriting dan melingkar kemudian layu dan mati.

Pengendalian Hama Kutu Daun Persik Pada Tanaman Cabai:

1. Menggunakan musuh alami berupa parasitoid yaitu Diaretiella rapae. Sedangkan predator hama ini adalah kumbang macan, larva syrphidae.
2. Penyemprotan insektisida (Curacron, Agrimec, Deltametrin, Decis, Orthene)

6. Tungau


Tungau adalah hama berukuran kecil yang umumnya berada di bagian bawah daun. Hama ini menyerang daun muda dengan gejala seperti daun berwarna kecokelatan, melengkung ke bawah, menyusut dan keriting. Setelah itu pucuk daun akan menjadi gugur.

Pengendalian Hama Tungau Pada Tanaman Cabai:

1. Pembakaran dan pembuangan tanaman cabe yang terinfeksi hama tungau untuk menekan penyebarannya.
2. Memanfaatkan musuh alami seperti Amblyseius sp.
3. Penyemprotan akarisida yang terdaftar dan diijinkan Kementerian Pertanian.
Demikian informasi mengenai 6 hama utama tanaman cabe dan cara penanggulangannya, semoga dapat membantu Anda menanam cabe.

No comments

Powered by Blogger.