Cara Perbanyak Mawar Dengan Teknik Stek

Anggaplah 5 step penting cara menanam mawar sebelumnya sudah berhasil dan sekarang kita ingin memperbanyak tanaman bunga mawar tersebut dengan teknik stek. Namun sebelum menuju ke cara menyetek mawar saya akan menjelaskan sedikit apa itu teknik stek.
Bunga Mawar
Mawar Putih

Stek adalah usaha untuk menghasilkan bibit dengan cara melakukan pemotongan pada salah satu bagian tanaman induk seperti batang, pucuk, cabang atau akar. Lalu bagian yang dipotong tersebut kemudian ditanam di media tanam supaya tumbuh akar dan menghasilkan tanaman baru.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar

Dalam cara menyetek mawar ini saya anggap Anda sudah mempunyai induk mawar yang berkualitas. Adapun cara memperbanyak tanaman mawar dengan teknik stek adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Media Tanam


Langkah pertama untuk stek tanaman mawar adalah menyiapkan media tanam untuk cabang atau batang yang kita potong nanti. Media tanam tersebut berupa campuran tanah dan pasir yang dimasukkan ke dalam pot atau polybag yang bagian bawahnya berlubang untuk menghindari jumlah air yang berlebihan.

2. Pilih Batang atau Cabang Terbaik Dari Mawar Induk


Langkah kedua untuk stek tanaman mawar adalah memilih batang atau cabang yang bagus dari induk. Kebanyakan mengatakan bahwa batang atau cabang yang bagus untuk stek yaitu yang sudah tua, namun ada juga yang mengatakan tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda (pertengahan) serta harus sehat.

3. Memotong Batang atau Cabang Tanaman Mawar


Setelah menentukan batang atau cabang mawar yang terbaik, langkah selanjutnya adalah memotongnya dengan pisau yang steril dan tajam sekitar 4-6 cm atau kira-kira satu jengkal. Kemudian tancapkan batang atau cabang mawar itu ke media tanam yang sudah dibuat pada tahap 1.

4. Pemeliharaan dan Perawatan Bibit Stek Mawar


Setelah tahap tiga selesai, lakukanlah pemeliharaan dan perawatan bibit stek tersebut dengan menyiramnya 2 kali sehari. Dosisnya disesuaikan dengan kadar air di dalam media tanam tersebut. Nah, untuk penempatan media tanam, sebaiknya di tempatkan di tempat yang teduh dan usahakan pada pagi hari terkena sinar matahari langsung. Dan setelah bibit stek tumbuh akar baru bisa dipindahkan untuk ditanam di kebun.

No comments

Powered by Blogger.